Rabu, 23 Maret 2011

FIQIH SUNNAH; SAYYID SABIQ

Kitab Fiqih Terbaik Sepanjang Masa ?
     
     Ratusan ribu buku tentang fiqih sudah ditulis oleh ulama muslim, namun buku fiqih paling fenomenal dan menjadi best seller hampir di seluruh negara, terutama negara muslim dan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, adalah kitab Fiqih Sunnah, karya Sayyid Sabiq.

     Kitab Fiqih Sunnah pada mulanya adalah materi-materi fiqih yang diajarkan Sayyid Sabiq untuk anggota Ikhwanul Muslimin. Atas anjuran Imam Hasan al-Banna, pendiri dan mursyid 'am (ketua umum) pertama Ikhwanul Muslimin, materi-materi tersebut akhirnya dibukukan. Tidak langsung utuh menjadi tiga atau empat jilid seperti Kitab Fiqih Sunnah versi Arabic sekarang, tapi berupa buklet berseri.


Karya yang Fenomenal
      Sebuah karya monumental dari Syeikh Sayyid Sabiq dalam mengupas masalah-masalah fiqih Islam berdasarkan dalil-dalil yang bersumber dari Al-Qur'an, Sunnah yang shahih dan Ijma’ ulama kaum muslimin. Fiqih Sunnah dianggap memberikan bentuk yang sebenarnya tentang fiqih Islam. Karya ini menjadi fenomenal karena hampir seluruh penjuru dunia Islam menjadikan kitab ini sebagai salah satu rujukan utama kaum muslimin dalam masalah-masalah fiqih Islam.

     Kitab referensi ini merupakan rujukan berbagai masalah fiqih terlengkap sepanjang masa. Semua pembahasan di dalam buku ini di hadirkan dengan sajian yang bukan saja eksklusif, melainkan juga lengkap, sistematis, dan mudah dipahami. Hal ini senada dengan tujuan Sayyid Sabiq sendiri yang cenderung memudahkan dan mempraktiskan penjelasannya serta menghindari fanatisme mazhab.

     Itulah salah satu sebab karya fenomenal Sayyid Sabiq yang telah ada sejak puluhan tahun ini tetap kontekstual dengan kondisi sekarang. Hingga di tahun 1994 M, berkat kitab ini Sayyid Sabiq memperoleh penghargaan King Faisal Prize dalam bidang kajian Islam.


Rujukan Ulama Seluruh Dunia
     Kitab yang mendapat sambutan luar biasa dari seluruh ummat Islam di penjuru dunia ini memuat sekitar tiga ribu hadits dan ditulis selama kurang lebih 20 tahun. Bahkan, karenanya buku ini juga mendapat pengakuan dari seluruh ulama dunia sebagai kitab fiqih terbaik dalam zaman modern ini.

     Menurut Imam Hasan al-Banna dalam pengantarnya, salah satu kelebihan Fiqih Sunnah ialah pemaparannya yang mudah dan praktis, disertai dengan kupasan panjang lebar sehingga sangat sesuai dengan kebutuhan umat saat ini. Karena itulah, tidak mengherankan jika Fiqih Sunnah menjadi salah satu rujukan utama dalam masalah fikih di hampir semua penjuru dunia Islam.

     Banyak ulama memuji buku ini. Menurut sebagian besar mereka, buku ini dinilai telah memenuhi hajat perpustakaan Islam akan fiqih sunnah yang dikaitkan dengan mazhab fiqih. Karena itu, mayoritas kalangan intelektual yang belum memiliki komitmen pada mazhab tertentu atau fanatik terhadapnya begitu antusias untuk membacanya. Hal itu, tak lain karena sebagai buku rujukan, buku ini sangat memudahkan mereka untuk merujuknya setiap mengalami kebuntuan dalam beberapa permasalahan fiqih.

     Dan kini, kitab fiqih Sunnah ini telah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa dan dibaca orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.



Penerbit di Indonesia yg Menerjemahi Kitab ini
     Untuk saat ini, ada tiga Penerbit yang telah menelorkan buah karya Sayyid Sabiq di Indonesia. Mereka berupaya untuk menerjemahkan kitab ini ke dalam bahasa Indonesia. Agar masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim juga dapat menikmati karya beliau. Bahkan kitab ini juga menjadi rujukan utama oleh ulama-ulama kita dalam mencari solusi permasalahan fiqih yang terus berkembang.

     Sebenarnya ketiga penerbit ini telah menerjemah isi dari kitab Fiqih Sunnah yang sama yaitu karangan Sayyid Sabiq. Perbedaannya hanya di cover, layout, kertas dan jilidnya saja. Adapun untuk tahqiq & takhrij juga beda. Kitab yang mana setelah penulis asli kitab ini wafat di bulan Februari 2000, telah terjadi pengembangan dari buku Fiqih Sunnah edisi lama berupa penambahan keterangan tahqiq & takhrij hadits (sumber-sumber hadits yang menjadi rujukan) atas hadits-hadits yang ada dalam buku Fiqih Sunnah. Tahqiq & takhrij hadits tersebut dilakukan oleh anak kandung dari Sayyid Sabiq sendiri, yaitu Muhammad Sayyid Sabiq dan Muhammad Nashiruddin al-Albani (Dari Kitab Tamamul Minnah).



Ketiga penerbit itu adalah:
1. Penerbit PENA PUNDI AKSARA

Cetakan & Revisi Terbaru Januari 2011
Tahqiq&Takhrij oleh Muhammad Sabiq
Isi: 5 jilid, Hard Cover plus Box
Ukuran 15x24 cm. 2990 halaman
Harga Asli Rp500.000, /Set
Beli Cash Diskon 25% = Rp375.000,








Uraian Lengkap tiap Jilid:
Jilid 1: memaparkan hal-hal yang berkaitan dengan ibadah, seperti pemaparan hal-hal terperinci mengenai thaharah (bersuci) dan tata caranya, azan, syarat sah shalat, jenis-jenis shalat, tata cara shalat dalam kondisi-kondisi tertentu, keistimewaan hari Jumat dan hukum melaksanakan shalat Jumat.
Jilid 2: masih melanjutkan pemaparan mengenai ibadah -dari kitab jilid I- yaitu khotbah Jumat, shalat 'Ied, zakat, puasa, i'tikaf, tata cara pengurusan jenazah, serta ditutup dengan pembahasan lengkap tentang doa, zikir, dan shalawat.
Jilid 3: masih memaparkan lanjutan tetang ibadah, yaitu ibadah haji dan tata caranya. Lalu membahas secara rinci hal-hal tentang pernikahan, seperti ijab kabul, syarat pernikahan, syarat wali, hak antara suami-istri, walimah, khotbah dan doa pernikahan, tabaruj (berhias), poligami, jenis-jenis dan hukum talak.
Jilid 4: masih memaparkan lanjutan pembahasan tentang perkawinan, yaitu idah dan hak pengasuhan anak. Lalu pembahasan tentang sanksi kriminal, hukum khamar dan narkotika, sanksi zina dan menuduh orang lain berzina, murtad, perampokan dan pencurian, diat, jihad, jizyah atau pajak, harta rampasan perang, serta perlindungan keamanan bagi non muslim.
Jilid 5: memaparkan hal-hal tentang muamalah antarsesama manusia, meliputi hubungan jual-beli, utang-piutang, riba, penyembelihan kurban, akikah, penjaminan, pengadilan, pakaian, wakaf, hibah, pernafkahan, hingga wasiat dan pewarisan.


2. Penerbit CAKRAWALA PUBLISHING

 Tahqiq & Takhrij: Muhammad Nashiruddin al-Albani (dari kitab Tamaamul Minnah).
 Isi: 5 Jilid, Hard Cover plus Box
 Harga Asli Rp587.000, /Set
 Beli Cash Diskon 30% = Rp410.000,-




Uraian Lengkap tiap Jilid:
Jilid 1: Pendahuluan. Thaharah; pembagian air, an-najasah, qahaul hajah, sunnah-sunnah fitrah, wudhu, mandi, tayammum dan haid. Shalat; pengantar, tata cara shalat, shalat sunnah, jama'ah dan masjid.
Jilid 2: Shalat Jum'at. Zakat; definisi zakat, pembagian air, jenis-jenis harta yg wajib dizakati, pendistribusian zakat, kewajiban lain terkait harta selain zakat. Puasa; definisi puasa, puasa ramadhan, puasa sunnah, adab-adab puasa, beberapa hal yg membatalkan puasa, malam lailatul qadr. Jenazah; sakit & keutamaannya, kematian, mengurus jenazah. Dzikir; definisi dzakat, do'a.
Jilid 3: Haji; definisi haji, ihram, thawaf, sa`i antara safa & marwah, wukuf di arafah, berbagai aktivitas 10 dzulhijjah, ringkasan tata cara haji. Pernikahan; nikah, khitbah, akad nikah, syarat sah pernikahan, perempuan yg halal dinikahi, perzinaan * pernikahan, menikahi perempuan lebih dari 4, wali nikah, kafaah, hak-hak dalam hubungan suami istri, hubungan badan suami istri, hak suami yg harus ditunaikan istri, tabarruj dan pernak-pernik resepsi pernikahan.
Jilid 4: Talak; definisi talak, talak raj'i & talak ba`in, talak yg boleh dijatuhkan pengadilan, iddah, hadhanah (pengasuhan anak). Hudud; definisi hudud, khamar, sanksi pidana, sanksi menuduh orang lain berzina, murtad, hirabah, sanksi hukum pencurian, jinayat, qishash terkait jiwa, qishash yg tidak terkait jiwa, diyat dan perdamaian dalam Islam.
Jilid 5: Jihad. Sumpah. Jual beli. Makanan & Penyembelihan. Perniagaan. Perdata & Acara Pengadilan. Pakaian, Gambar & Perlombaan. Pemberian.


3. Penerbit AL-I'TISHOM CAHAYA UMAT

> Isi: 3 Jilid, Soft Cover > Penerjemah ustadz Khozin abu faqih Lc > Harga Asli Rp499.900 / Set
Beli Cash Diskon 30% = Rp349.000,-

Contact Person:
Dilla
Mobile: 0819 8 555 66
Email : ke_dilla@yahoo.co.id
FaceBook
dewifadilla


NB : Kami menerima COD dengan Ongkos Kirim (OngKir) khusus untuk daerah Jakarta GRATIS & untuk Luar Daerah sesuai dengan harga Tiki, JNE ataupun Kantor Pos (liat yang paling murah)

INFO TERBARU: SEJAK APRIL 2011.. KHUSUS FIQIH SUNNAH PENERBIT PENA, BELI 10 SET GRATIS 1 SET

1 komentar:

  1. Asw. Mbak Dilla, buku fiqh sunnah terbitan i'tishom masih ada kan?

    BalasHapus